Selasa, 27 November 2018

JAM TANGAN BAMBU

JAM TANGAN BAMBU





Jam tangan yang terbuat dari kayu kini sedang naik daun. Rupanya tidak cuma jam tangan kayu, tapi juga ada jam tangan yang terbuat dari bambu. jam tangan bambu dibanderol dengan harga Rp289.000.


Karena dibuatnya secara manual, kapasitas untuk jumlah produksi jam tangan bambu ini sangat terbatas. Disetiap bulannya hanya dapat memproduksi sekitar 30 sampai 40 unit saja. Untuk ketersediaan bahan bakunya pun hanya menggunakan sisa sisa bambu yang ada di lingkungan workshop saja.


Terdapat dua jenis model jam tangan bambu yaitu jam tangan full bambu (tali jam tangan terbuat dari potongan bambu) dan jam tangan bambu yang menggunakan tali kulit. Harga mulai dijual dari Rp 400.000 hingga Rp 700.000 per unit.


“Masalah yang didapati lebih banyak dibagian produksi sebab untuk produksi satu jam tangan dibutuhkan ketelitian dan ukuran yang pas untuk menciptakan hasil dan detail sempurna,” ungkapnya.
Limbah Bambu Disulap Menjadi Jam Tangan




CARA MEMBUAT JAM TANGAN BAMBU


Pertama, cari bambu dengan ukuran yang tidak terlalu besar kemudian potong bambu sesuai dengan kebutuhan akan pembuatan jam, tidak lupa pula siap bahan lain seperti: kaca jam, jarum batu baterai.


Kedua, motif sesuai keinginan produksi.


Ketiga, cat bambu agar terlihat mengkilap, kemudian dijemur dibawah terik sinar matahari.


keempat, kemas produk bambu pada wadah, lalu mulailah rakit jam tangan sesuai dengan motif yang diinginkan.


x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar